Pertama, Do'a / Impian dan Sikap

image
Seberapa besar keberhasilan di bisnis ini ditentukan oleh seberapa besar impian kita dan 95% sikap kita terhadap bisnis ini. Mengapa?

Tidak ada ada Bos di bisnis ini.
  • Anda adalah Business Owner pada jaringan Anda sendiri. Leader/sponsor Anda hanyalah orang yang lebih dulu terjun di usaha ini. Jadi Anda sendirilah yang menentukan sebesar apa usaha Anda nantinya dan seberapa cepat usaha Anda ingin berkembang.
  • Modal sangat kecil sehingga resikonya pun sangat kecil.
  • Segala hal yang besar di dunia ini berasal dari Do'a / Impian dan sikap kita.
Luangkan waktu sejenak untuk merenung & tuliskan minimal 10 hal yang ingin Anda lakukan dan Anda dapatkan jika sukses di bisnis ini. Bentuknya harus TERTULIS & TERVISUALISASI, bukan Cuma di dalam pikiran saja. Setelah itu tempelkan di tempat yang sering Anda lihat, seperti sebelah tempat tidur Anda, meja belajar, ataupun folder atau agenda kuliah / kerja Anda. Anda akan takjub dengan kekuatan dari impian yang Anda tulis tersebut nantinya.
Tentukan berapa besar penghasilan yang akan Anda raih, Buatlah target, kapan Rp.500.000,- per minggu, kapan 1juta per minggu, kapan 5 juta per minggu dan setelah itu TAKE ACTION!!
Bacalah buku ”Berfikir & Berjiwa Besar” karangan David J. Schwartz.
Miliki Sikap Positif
1. Terhadap diri sendiri
Manusia adalah produk dari pikirannya. Kalau Anda berpikir Anda adalah orang biasa saja, maka Anda akan menjadi orang biasa. Tetapi kalau Anda berpikir Anda adalah orang sukses, maka Anda akan menjadi orang sukses. Karena kita akan berpikir dan melakukan hal-hal yang dilakukan orang sukses.
2. Terhadap orang lain
Semua orang harus kita hargai & senyumi. Silaturahmi mendatangkan rezeki & Senyum adalah ibadah.
3. Terhadap belajar
Tidak ada Superman di dunia ini, maksudnya tidak ada manusia yang dilahirkan langsung menjadi orang Luar Biasa. Allah Maha Adil, orang yang mau belajar & yang mau kerjakeraslah yang akan diberi kesuksesan. Lebih penting mana, malas datang ke pertemuan, malas baca buku, malas mendengar kaset, atau IMPIAN ANDA?!!!
4. Terhadap kerja keras
Kesuksesan ditentukan 10% keberuntungan / bakat + 90% kerja keras!!
5. Terhadap masalah & kegagalan
Dalam apapun pasti ada masalah. Masalah diciptakan untuk manusia agar maju & berkembang. Setiap kali kita mendapatkan masalah dan kita pecahkan, kita akan menjadi lebih dewasa. Jadi bersyukurlah kalau ada masalah. Untuk sukses memang sulit, tapi lebih sulit lagi kalau kita tidak sukses ! Tidak ada orang gagal yang ada hanyalah orang yang berhenti sebelum sukses!
“Saya tidak pernah gagal. 2000 kali lampu tidak menyala adalah proses untuk terciptanya 1 lampu menyala!!”(Thomas Alfa Edison)
(Bayangkan jika beliau berhenti dipercobaan ke 1999, itu adalah sama seperti ketika Anda berhenti dibisnis ini ketika ditolak persentasi. Thomas Alfa Edison tidak akan mendapatkan 1 lampu yang menyala dan Anda tidak akan mendapatkan IMPIAN ANDA!! )

Kedua, Membuat Daftar Nama & Prospekting

image
Bisnis Anda ini adalah Business People kekuatan awal bisnis Anda adalah relasi atau referensi.
Prinsip :
1.    Jangan pilih-pilih
Dalam membuat daftar nama jangan berpikir “sepertinya dia tidak bisa/tidak mau menjalani bisnis ini”. Jangan jadi peramal! Yang berhak menentukan dia mau atau tidak mau menjalankan bisnis ini adalah dia sendiri, bukan kita!
Berpikirlah “Apabila Anda sukses, kira-kira siapakah yang ingin Anda ajak?” artinya semua orang yang Anda kenal wajib Anda tulis. Semua orang berhak untuk sukses!!
2.    Tertulis
Dalam membuat daftar nama, Anda wajib untuk MENULISNYA.
Perusahaan yang besar memiliki daftar nama karyawan & kliennya. Sebaliknya kalau perusahaan kecil tidak. Terserah Anda mau memiliki bisnis yang besar atau kecil.
3.    Duplikasikan
Banyak member yang berhenti karena tidak lagi ada presentasi di jaringannya. Hal ini rata-rata bukan dikarenakan member malas presentasi tapi member kehabisan orang untuk dipresentasi. Bayangkan Anda menulis 40 prospek dalam daftar nama Anda, dan 40 prospek Anda tersebut menulis 40 nama lagi, dan seterusnya.
Generasi I     : 40 nama
Generasi II    : 1600 nama
Generasi III    : 64000 nama
Dst.
Kalau daftar nama kita habis, atau kenalan kita ditempat kita yang baru tidak ada. Solusinya adalah PROSPECTING!!
Langkah-langkah prospecting :
1.    Dalam prospecting, mindset kita diawal adalah untuk menambah teman, jangan singgung masalah bisnis (Build Trust) dulu. Buka percakapan dgn jangan banyak ngomong tapi lebih sering bertanya & mendengarkan “FORM” (Family, Occupation, Recreation, & Message ) maksimal 5 menit!!
2.    Untuk masuk ke bisnis bisa dibuka dengan pertanyaan, misal:
  • Apakah ingin berlangganan pulsa murah? Atau bahkan pulsa gratis jika mau menjalankan sistemnya.
  • Selain kuliah, adakah keinginan untuk hidup mandiri? (untuk pelajar)
  • Selain kerja ingin tidak nambah uang dapur? (untuk pekerja)
  • Tertarik ingin berwirausaha tidak? (untuk pengangguran)
3.    Kalau mereka menjawab tertarik, langsung lanjutkan ke langkah sukses mengundang.
Kalau mereka menjawab tidak, jangan langsung diajak berbisnis.
Jangan pernah memaksakan kehendak kepada prospek Anda, namun buka pola pikirnya & ajak untuk menghadiri pertemuan e-miracle wisatahati.net. Apabila tetap tidak berhasil??
SOLUSINYA adalah PROSPECTING!!
Jadi “WIN-WIN SOLUTION”, kalau tidak dapat prospek, minimal Anda dapat TEMAN BARU!!
Kiat jago dalam prospecting adalah baca buku BERPIKIR & BERJIWA BESAR,  SERING-SERINGLAH PROSPEKTING!! MINIMAL 1 PROSPEK / HARI!!

Ketiga, Mengundang

image
Mengundang adalah membuat janji bertemu untuk mempresentasikan konsep bisnis e-Miracle.
Tujuan mengundang adalah fix waktu & tempat untuk presentasi.
Mengundang bisa lewat telpon, sms, atau saat bertemu langsung, ketika mengundang lewat telpon tentukan dulu waktu kosong prospek.
Buatlah sebuah undangan resmi yang bisa anda ketik sendiri dengan lokasi undangan yang bisa anda tentukan sendiri. Berilah sebuah judul dalam kertas undangan anda yang cukup menarik dan menimbulkan rasa penasaran bagi orang yang ingin anda undang. Misalkan judul undangan anda: "Sebuah Peluang Usaha dari Amal Usaha e-miracle Ustad Yusuf mansur "
Prinsip mengundang :
1.    Pelajari apa kesukaan atau yang disukai oleh calon undangan (temukan Hot Button).
Hal tersebut bisa diketahui dengan pertanyaan, misal:
a.    Apakah ingin merubah hidup menjadi lebih baik
b.    Selain kuliah adakah keinginan untuk hidup mandiri? (untuk pelajar)
c.    Selain kerja, ingin tidak nambah uang dapur? (untuk pekerja)
d.    Tertarik ingin berwirausaha tidak? (untuk pengangguran)
e.    Dll.
2.    Mengundang bukanlah menjelaskan karena hal tersebut akan dijelaskan secara terperinci dalam presentasi. Jangan ceritakan modal, hasil dan konsep bisnis Anda. Ceritakan sebatas profil perusahaan yang akan kita ajak kerjasama (e-miracle adalah sebuah amal usaha yang didirikan oleh ustad yusuf mannur untuk mensukseskan cita cita 1000 penghafal Alquran).
3.    Buat prospek penasaran atas informasi yang akan Anda berikan artinya mengundang cukup singkat saja.
4.    Minta komitmen untuk kehadirannya, misalnya sebelum acara presentasi di mulai, Anda harus konfirmasi terlebih dahulu.

Contoh Topik mengundang adalah :
  • Belajar cara berbisnis dengan pengusaha sukses (dengan Leader)
  • Jalan meraih sukses dunia akhirat
  • Bagaimana berbisnis yang halal dan berkah
  • Peluang usaha baru dari ustad yusuf mansur
  • Tawaran kerjasama usaha
  • Peluang untuk merubah nasib
  • Mohon bantuan analisa bisnis baru / bincang-bincang usaha
  • Cara baru sukses dengan memperbanyak ibadah
  • Dan lain-lain,
Tiga langkah awal inilah ( IMPIAN & SIKAP, DAFTAR NAMA dan MENGUNDANG ) yang benar-benar harus Anda kuasai untuk tahap awal Anda bergabung di bisnis ini, dan bisa dipastikan Anda akan memiliki bisnis yang besar dalam waktu yang Anda targetkan.
Pastikan bahwa mengundang ini adalah sesuatu pekerjaan yang sangat menyenangkan buat Anda.
Anda kerjakan sambil rileks tanpa rasa tegang sedikitpun dan buat bisnis Anda menjadi besar, sukses untuk Anda.

Keempat, Presentasi & Clossing

image
Presentasi adalah memberikan informasi tentang peluang bisnis e-Miracle yang belum 100% prospek Anda mengerti sistemnya, secara singkat, padat, antusias/semangat, jujur dan prospek harus paham.
Presentasi sama seperti ketika Anda diminta cerita sesuatu.
Sewaktu presentasi disarankan memakai pakaian yang rapi dan bersih. Why? Karena orang melihat bisnis ini dari sikap & penampilan Anda sendiri. (Build Trust)

Goals dari presentasi ada 3 , yaitu:
1. Membuat prospek kita antusias untuk datang di acara Seminar,
2. Fix waktu & tempat untuk Follow Up selanjutnya, dianjurkan max 2 x 24jam,
3. Akan lebih baik lagi kalau setelah presentasi langsung diajak ke warnet untuk melihat bukti ke aslian web e-Miracle dan testimonial yang ada di web joinsyariah.com .

Presentasi Anda dikatakan sukses apabila salah satu dari 3 goals tersebut tercapai, lebih diharapkan lagi 3 goals tersebut tercapai semua. Dan presentasi Anda bisa dikatakan gagal kalau tidak ada satupun yang tercapai dari 3 goal tersebut.

Rahasia menjadi Presenter yang jago & handal adalah sering melakukan presentasi, karena kuantitas menentukan kualitas.

Pengaruh dari jumlah presentasi ke bisnis kita adalah:
  • Jika Anda presentasi 8x/bulan bisnis Anda akan bertahan (income tetap)
  • Jika Anda presentasi 15x/bulan, bisnis Anda akan berkembang (income naik linier)
  • Jika Anda presentasi 30x/bulan, no one can stop you! (income naik eksponensial)
Macam presentasi dilaksanakan dalam bentuk :
  • Prospek (one on one)
  • Berkelompok (Home meeting)
  • Presentasi akbar (Seminar Akbar)
Langkah-langkah presentasi:
  1. (2,5 menit) berkenalan, basa-basi singkat (FORM) & build trust (cth. Terbaik : Bilang kita menjalankan bisnis ini untuk membantu orang tua / keluarga)
  2. (2,5 menit) cari hot button (apa yang dia inginkan) dengan cara, bertanya & mendengarkan, contoh apakah Anda pengin punya penghasilan tambahan / hidup mandiri / membantu orangtua / membantu finansial keluarga? dll. Kalau sudah ketemu, jawab: bagus Anda bisa mendapatkannya disini.
  3. (10 menit) presentasikan profil perusahaan, produk, fasilitas yang didapat kalau bergabung, subsidi cukup 3 Bonus saja yang diceritakan: “Bonus sponsor, Bonus dinamis & Bonus Royalti aktivasi”, lalu prediksi terburuk 1tahun menjalankan bisnis ini. Setiap selesai menjelaskan 1 Bonus, jelaskan hitung-hitungan bahwa perusahaan untung besar. Kalau tidak pakai hitung-hitungan prospek rata-rata malah takut & tidak percaya sehingga tidak akan bergabung.
  4. Setiap selesai 1 sesi dalam presentasi, selalu ucapkan: “untuk lebih jelasnya datang ke acara SEMINAR AKBAR, bukti-bukti REALnya ada disana”.
  5. Edifikasi selalu Leader Anda & SA (Seminar Akbar)

Kelima, Follow Up (Tindak Lanjut)

image
Follow up adalah menindak lanjuti calon mitra Anda yang sudah didapat atau dipresentasi.
Tujuan Follow up adalah untuk mengetahui seberapa besar minat calon mitra Anda untuk bergabung bersama anda sekaligus mengajarkan sistem kepada prospek atau Partner bisnis Anda.
Kepastian prospek anda untuk bergabung atau tidak dapat anda lihat ketika Follow up.

Follow up yang benar adalah :
Anda bertanya atas keberatan atau ketidaktahuan calon mitra Anda, atasi segala keberatannya, yakinkan tentang prospek bisnis Anda ke depannya & jangan pernah berdebat!!

Tawarkan sesuatu yang lebih dari anda... katakan bahwa anda siap membantu dalam segala hal untuk keberhasilannya. Misalnya, mengajarkan untuk bisa menggunakan internet (jika belum bisa), cara berpromosi yang baik via internet, membuatkan blog gratisan, bagaimana melakukan followup yang efektif, dan lain sebagainya.

Dan untuk lebih menyakinkan ajak ke Seminar Akbar atau seminar-seminar di Kota anda!!

Langkah tindak lanjut / follow up :
1.    Presentasi ulang secara singkat calon mitra Anda memakai brosur untuk penyegaran ingatan.
2.    Buka pola pikirnya dan paradigmanya. (paradigma umum vs paradigma sukses)
3.    Tanyakan apa yang menarik dari bisnis ini. Bukan bisnis ini menarik / tidak. Senantiasa bangun impian / dreams prospek Anda.
4.    Gali impiannya. Dengan cara tanyakan dari prediksi terburuk saja 1 tahun bisa mendapatkan penghasilan 25juta. Jika 1 tahun kemudian Anda mendapat penghasilan tersebut. Apa yang akan Anda lakukan? Apakah Hidup Anda akan berubah? Edifikasi Leader-Leader yang sukses!
5.    Atasi keberatannya dengan jangan pernah berdebat. Ungkapkan pengalaman pribadi Anda. Dengan mengungkapkan pengalaman pribadi kita, maka akan terbentuk suatu kesamaan nasib / pengalaman yang akan membuat prospek Anda menjadi senasib & sepenanggungan sehingga akan tercipta rasa aman dihati prospek.

Contoh Follow Up:
  • Dulu saya juga tidak punya uang, untuk bergabung saja, minjam. tapi setelah ikut bisnis ini bukan saja saya akan punya uang,
  • Dulu saya mengajak orang bahkan jauh lebih susah, karena belum ada bukti orang yang sukses. Tapi sekarang sudah banyak (edifikasi Leader-Leader yang sukses). Jadi sekarang lebih mudah untuk mensponsori orang.
  • Dulu saya juga tidak punya waktu untuk bepergian dengan keluarga karena masalah keuangan yang kurang terus, dan waktu habis tapi sekarang saya Alhamdulillah sudah mulai merasakan lumayan sedikit-demi sedikit, Karena bisnis ini memang perlu proses.
  • Bagi saya penghasilan saya itu tidak masalah, yang saya pikirkan adalah kalau Anda bergabung di grup saya, maka Andalah yang berpenghasilan, itulah yang terpenting bagi saya.

6.    Isi formulir pendaftaran. Via web e-miracle joinsyariah.com atau brosur lipat 3.
7.    Ajarkan sistem (7 langkah sukses)! Ajarkan saat itu juga untuk membuat daftar nama dan teknik mengundang yang benar.
8.    Rencanakan juga dengan mitra Anda untuk mengatur jadwal presentasi / pertemuan.

Yang paling penting setelah Anda melakukan follow up selain clossing adalah tentukan waktu dan tempat untuk presentasi teman-teman prospek Anda, jadi lingkaran kerja kita adalah “presentasi untuk mencari follow up dan follow up untuk mencari presentasi”.
INGAT!!!.. Yang terpenting dari Kunci Menjaring Member adalah strategi anda beriklan dan kehebatan anda dalam melakukan follow Up. Karena, beriklan/presentasi dan melakukan follow up adalah tugas kita bersama, bergabung atau tidak itu menjadi hak prospek.. kita tidak bisa memaksa orang lain untuk bergabung, tapi dengan keahlian anda melakukan follow up hal tersebut bisa diatasi... Salam sukses.

Ketujuh, Pengembangan Pribadi

image
Di bisnis apapun setelah anda berhasil membangunnya atau anda bisa dikatakan sukses. Hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana anda mempertahankan kesuksesan anda tersebut. Oleh karena itu, dibisnis ini suatu hal yang tidak boleh anda abaikan adalah System Duplikasi.

Kunci sukses di bisnis ini adalah seberapa besar keinginan anda untuk ikut juga membantu sukses orang lain. Karena suksesnya orang lain dijaringan anda merupakan kesuksesan anda juga...

Alat bantu yang harus Anda gunakan adalah Support Sistem kita, (Leader, buku, kontak cd & pertemuan).
Kembangkan potensi Anda sebagai seorang pemimpin (leader), dengan bakat dan segala potensi yang Anda miliki.

Langkah dasar menjadi seorang leader :
  • Selalu berdoa kepada Allah, agar Anda diberi kemudahan dalam menjalani bisnis ini.
  • Lakukan minimal 3 x presentasi setiap minggu secara continue & lakukan follow up dengan benar.
  • Membaca buku minimal 15 menit per hari dari buku-buku yang direkomendasikan.
  1. Berpikir & Berjiwa Besar, David J.Swartz
  2. Cashflow Quadrant, Robert T. Kiyosaki
  3. Business School, Robert T. Kiyosaki
  4. Dan tentunya buku KAYA LEWAT JALAN TOL karya Ustad Yusuf Mansur
  • Hadir & Promosikan setiap pertemuan yang diadakan oleh e-Miracle (Seminar Akbar, MeetingLeader, SS)
  • Selalu berpikir positif, bekerja kelompok (team work), edifikasi orang-orang disekeliling Anda.
  • Tindakan / kerja Anda berbicara lebih keras daripada kata-kata Anda.
  • Mempunyai hati yang bersih, tidak iri / dengki atas kesuksesan orang lain.
Sudah kita ketahui e-Miracle adalah salah satu jalan untuk sukses & kaya. Lakukanlah semua langkah dari 7 Langkah Sukses! Leader-Leader e-Miracle sudah membuktikan. Asalkan kita KOMITMEN minimal 2 tahun, InsyaAllah Kesuksesan sudah ada di tangan kita. Jangan pernah alasan!! Komitmen, selalu hadir dalam acara Seminar !!

Perlu Anda Ingat!
Bisnis e-Miracle memiliki kelebihan tersendiri dibanding bisnis lain yang sejenis, coba tengok visi misi perusahaan, Tujuan perusahaan didirikan. Semuanya mengacu pada ibadah, dakwah dan mualamalah. Insya Allah sukses dunia akhirat. Yakin pada usaha ini dan terus Iktiar. Insya Allah Sukses..Amin..