Pemasaran Jaringan - Pada kesempatan lalu pernah saya ulas sedikit banyak tentang bisnis MLM online , kebetulan saya sendiri pelaku aktif dibisnis ini hingga tulisan ini dibuat. Tak sedikit orang berpandangan negatif dan salah tentang bisnis MLM, dulunya saya pun termasuk. Lalu dimana letak anggapan salah tersebut? Kebanyakan mengira setiap bisnis jaringan atau network marketing disebutnya MLM, parahnya lagi bisnis modus Money Game dianggapnya sebagai bisnis MLM sehat. Terus terang awalnya saya tidak suka dan bisa dibilang Anti-MLM, sebelum akhirnya saya bertemu dengan Bisnis MLM Online yang menurut penilaian saya lebih memberikan pencerahan dengan sistem pemasaran masuk akal.


Sumber gambar via moneyinnovations.com
Ada juga sebuah perusahaan bisnis MLM waktu itu sedang gencar-gencarnya promosi baik di media online maupun offline, dan mengkalim bahwa perusahaan itu sedang "berkembang" bahkan promosi mereka dibarengi oleh para tokoh pejabat negara. Namun, ntah kenapa saya sama sekali tidak tertarik mengikuti program dari perusahaan tersebut.

Saya menjalankan bisnis MLM hanya via media internet saja, sebab tidak pandai merangkai kata ketika harus menjajakkan produk secara konvensional. Bukan sedang memaksakan kehendak, ataupun egois, tidak. Sama sekali hanya sedang nyaman saja menjalankan bisnis MLM online. Jadi tidak kerepotan harus pergi kesana kemari,sebab semua modul sudah tersedia didepan mata (internet).

Seberapa Besar Potensi Bisnis MLM Online?


Menurut hemat saya, model bisnis apapun diperlukan ketekukan serta kerja nyata guna mendapatkan hasil akhir sesuai harapan pelakunya. Setali tiga uang dengan model bisnis MLM online, saya rasa jika ingin berhasil harus dibarengi perjuangan. Menjalankan prosedur pemasaran sesuai dengan "Marketing Plan" perusahaan masing-masing tanpa menjelekan model pemasaran lainnya akan lebih baik.

Saat menulis artikel ini dibuat, saya sudah memiliki member sekitar 240 mitra dengan 54 orang diantaranya menjadi mitra aktif saya. Sangat bersyukur walaupun hanya 20% saja itulah pencapaian terbaik saya sebagai mantan Anti-MLM.

Saya yakin tidak semua orang membenci atau menyangsikan potensi bisnis MLM. Mungkin saja diantara Anda ada yang berminat mengikuti Model Bisnis MLM Online. Namun, ada baiknya tidak lantas bergabung begitu saja. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sebaiknya kita mempelajari terlebih dahulu tentang perusahaannya, sistem pemasarannya, potensi bisnis kedepannya, potensi penghasilan, dan lain-lainnya.

Artikel terkait: Bisnis MLM Syariah Terbaru


Dibawah ini beberapa tips sebelum memilih bisnis MLM online, sehingga tidak terjebak pada sistem MLM yang akan merugikan Anda:

Poin Pertama: Perhatikan produk yang dijual

Akan lebih baik jika perusahaan MLM yg akan diikuti tidak memiliki banyak jenis produk. Misalnya hanya fokus dibidang ksehatan dan suplemen herbal saja. Sehingga memudahkan ketika memesarkan produknya kepada calon mitra bisnis Anda.

Poin Kedua: Produk jualan berkualitas baik

Kualitas produk jualan akan sangat berpengaruh kepada tingkat kepercayaan konsumen. Tentunya kita tidak ingin bergabung dengan MLM dengan produk murahan bukan?, produk tidak mujarab, dan serta memiliki citra buruk dihadapan konsumen. Pastikan bahwa produk tersebut memang sangat dibutuhkan oleh calon konsumen, seperti contoh diatas; produk kecantikan, produk kesehatan, itu masih menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Poin Ketiga: Seperti apa reputasi MLM tersebut?

Memilih sebuah perusahaan bonafid akan sangat menguntungkan Anda. Perusahaan seperti ini biasanya sudah mempunyai banyak cabang atau distributor yang telah berhasil dan sangat dikenal baik oleh publik.



Baca juga: Rahasia Sukses Bisnis Pemasaran Jaringan Terbaru

Poin Keempat: Pastikan MLM tersebut memiliki support system
Sistem pendukung sangat dibutuhkan oleh mereka yang bergabung di bisnis MLM entah itu bisnis lewat media internet maupun bisnis secara konvensional, baik itu untuk membantu follow up, membantu aktivitas promosi, serta kepentingan lain guna mengembangkan perusahaan MLM tersebut kearah lebih baik. di bisnis MLM Online yang saya ikuti terbilang sangat bagus sebab hanya perlu sedikit promosi saja maka memberpun berdatangan dengan bantuan sistem pendukung tersebut.



Demikian ulasan singkat mengenai Potensi Bisnis MLM Online , sehingga bisa mengetahui dari mana harus memulai dan kemana akan melabuhkan pilihan tepat. Bisnis MLM Online sejatinya tetap saja membutuhkan modal, baik itu tenaga, pikiran dan materi, namun tidak sebesar modal pemasaran berjenjang konvensional . Sistem bisnis yang telah dibuat mudah, canggih, powerfull akan memudahkan kita ketika bergelut didalamnya. Sekarang pilihan mutlak ada pada Anda, sebab kesuksesan atau kegagalan akan dirasakan oleh siapa saja. Selamat berjuang, salam sukses!!