PemasaranJaringan.com - Setidaknya terdapat 3 jenis sistem bisnis yang menguntungkan untuk dijalankan. Diantaranya; sistem bisnis pemasaran jaringan , sistem waralaba , dan sistem bisnis tradisional/konvensional . Sebenarnya apa saja keuntungan dari ketiga macam model bisnis tersebut? Mari kita simak bersama ulasan dibawah ini.

Dalam dunia bisnis, menjadi seorang investor tentu saja harus memiliki uang dengan jumlah cukup besar terlebih dahulu. Oleh karenanya, di sini saya tidak sedang akan menjelaskan tahap-tahap bagaimana membangun ASET BISNIS Anda sendiri, melainkan hanya berbagi informasi yang dapat memudahkan Anda melakukan analisa bagaimana caranya ASET itu terbangun. Hal demikian akan lebih mudah dipahami oleh pelaku bisnis pemula sebab dirasa relistis.

Bagaimana cara mengetahui bahwa Anda sudah memiliki bisnis sendiri atau Self Employee ? Cukup mudah sekali dipahami, ketika suatu bisnisan ditinggalkan dalam waktu relatif lama, misal 1 tahun, kemudian bisnis tersebut masih bisa berjalan bahkan senderung berkembang dengan pengawasan ataupun tanpa mengawasan pemiliknya, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda telah memiliki sistem bisnis sesungguhnya.

Robert T. Kiyosaki mengatakan dalam beberapa bukunya, setidaknya ada 3 jenis sistem bisnis yang akan memberikan penghasilan pasif secara terus-menerus, berikut ini penjelasan tentang 3 sistem bisnis jaringan menguntungkan :

Sistem bisnis Pemasaran Jaringan
Pemasaran jaringan dikenal dengan sitem penjualan langsung atau multi level marketing. Aturan mainnya ketika menjadi pembeli maka otomatis Anda menjadi bagian dari sistem tersebut ketika menjalankan usahanya.

Sistem Bisnis Konvensional
Sistem konvensional adalah dimana Anda mengembangkan sistem Anda sendiri. Untuk mengembangkan sistem bisnis sendiri kita harus mempunyai pembimbing.Pembimbing adalah seseorang yang sudah melakukan apa yang Anda ingin lakukan dan berhasil dalam melakukannya. Jangan mencari penasehat, Penasehat adalah orang yang memberi tahu cara melakukan tapi dia sendiri belum melakukannya.


Sistem Bisnis Waralaba
Cara lain mempelajari sistem adalah dengan membeli sebuah usaha waralaba. Dengan membelinya Anda sudah membeli sebuah sistem yang sudah berjalan, sudah dicoba serta sudah terbukti. Jika membeli sebuah sistem waralaba jadilah seorang ”Employee”. Lakukan persis seperti yang mereka katakan. Jangan menjadi ”Self-employee” atau orang yang ingin melakukan dengan cara mereka sendiri.

Keuntungan dan Kerugian Bisnis Waralaba


Kekurangan Waralaba
  • Kurang kendali
  • Sangat terikat dengan supplier
  • Ketergantungan pada reputasi waralaba lain

Keuntungan Waralaba
  • Manajemen bisnis telah terbangun
  • Sudah dikenal masyarakat
  • Manajemen finansial lebih mudah
  • Kerjasama bisnis terbangun

Menurut Robert T. Kiyosaki mengenai sistem bisnis waralaba dan jaringan yang baik :
Telah terbukti sukses selama bertahun-tahun menjalankan program distribusi dan sistem kompensasi dengan berbagai catatan bagus bagi sebuah organisasi bisnis yang ada.

Peluang bisnis ini bisa membuat Anda berhasil mencapai kesuksesan, yang bisa Anda percayai, dan bisa disarankan kepada pihak lain dengan penuh percaya diri serta penuh keyakinan.


Mempunyai program pendidikan jangka panjang yang terus berlangsung yang bertujuan mengembangkan Anda sebagai manusia. Rasa percaya diri mutlak diperlukan disisi kanan Quadrant .

Mempunyai program bimbingan yang baik. Anda bisa belajar tentang kepemimpinan langsung dari mereka pelaku bisnis bukan hanya sebagai konsultan. Di sana bisa mengembangkan diri menjadi pelaku bisnis hebat. Menjadi bagian dari orang-orang berwibawa, terhormat, tentu saja disukai.

Penutup

Demikian ulasang tentang Sistem Bisnis Jaringan yang Menguntungkan bagi pelakunya. Semoga kehadiran informasi yang telah disajikan ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan dapat memberikan wawasan yang luas bagi para pengusaha yang sedang merintis karir usahanya dalam bidang bisnis pemasaran jaringan, sehingga informasi di atas bisa menjadi sumber rujukan dalam memulai usahanya.