YouTube adalah situs broadcast video paling populer saat ini. Setiap orang yang mencari video klip pasti mengunjungi situs video YouTube; dan YouTube sudah meneruskan segala macam bentuk konten video kepada pengguna internet di seluruh dunia. Oleh karena memiliki sifat viral, maka YouTube adalah alat yang menakjubkan untuk internet marketing.


Anda mungkin pernah mendengar dari YouTube. Nah, siapa yang tidak? Jutaan orang yang meng-upload, menonton, download, atau menghubungkan ke video di YouTube sehari-hari. Jika Anda ingin melihat video dari sesuatu, Anda selalu dapat check it out dari YouTube.
YouTube adalah situs berbagi video gratis yang memanfaatkan teknologi flash adobe agar dapat menampilkan video yang diunggah oleh jutaan anggota. Video ini ditonton dan dilihat oleh sekitar 20 juta pengunjung YouTube setiap bulan. Video di YouTube memiliki ribuan orang tak dikenal dan dikenal sehari-hari.

Jika Anda memiliki sebuah situs web, maka akun YouTube nantinya akan sangat berguna. Anda dapat mengambil keuntungan dari berbagi video gratis tersebut karena dibagikan oleh banyak orang. Logikanya akan banyak pengunjung ke blog/website menggunakan layanan video gratis YouTube. Tidak ada cara yang lebih baik untuk beriklan ke jutaan orang secara gratis dari YouTube. Menggunakan layanan ini, Anda dapat memaksimalkan semua peluang internet marketing. Tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk meningkatkan traffic video YouTube.

Tips Youtube Pertama:  Buat satu topik video sesuai passion Anda

Menciptakan topik video tergantung kepada target pasan yang hendak dijangkau, sesuaikan target pengunjung dengan manfaat produknya. Misalnya konten video gokil, asik, interaktif akan sangat cocok jika target pengunjungnya adalah kalangan remaja, pelajar dan mahasiswa. Sedangkan konten serius akan lebih sesuai jika target pasar profesional atau dari kalangan pekerja.

Membuat video menarik calon pengunjung adalah ide bagus. Pastikan pesan dari video tersebut berisi konten ringkas namun tegas agar mudah dipahami oleh pengunjung. Penting untuk di ingat, disarankan tidak membuat video lebih dari 10 menit.

Buat video YouTube bernuansa berbeda dari video orang lain agar mendapat perhatian lebih dari pengunjung bahkan dari calon pengunjung. Buat mereka penasaran tentang produk, bisnis atau layanan Anda dan membuat mereka ingin memiliki apa yang Anda jual melalui konten video Anda.

Baca juga: Tips Membangun Aset Bisnis Jaringan Online

Pastikan bahwa Anda jelas mengidentifikasi diri dengan video. Ini harus berisi logo atau nama perusahaan Anda. Ini adalah cara untuk memastikan bahwa pesan Anda tidak akan hilang dengan pemirsa. Luangkan waktu Anda dalam menciptakan video Anda. Pastikan bahwa produk akhir akan memberikan pesan yang ingin Anda sampaikan.

Tips Youtube Kedua: Cari lokasi strategis untuk video YouTube Anda

Penempatan strategis video Anda di YouTube akan meningkatkan minat masyarakat dan akan membuat mereka untuk menonton video Anda. Buatlah top-watch video. Kemungkinan video Anda akan muncul di beranda YouTube, kemungkinan ditonton akan semakin besar. Dengan cara seperti ini maka metode marketing akan berdampak postif. Akan semakin banyak penonton di video yang kemudian membagikannya ke banyak orang yang mereka kenal.

Tips Youtube Ketiga: Jangan lupa link-an ke blog atau website

Seenarnya kehadiran YouTube bisa dimanfaatkan untuk mengarahkan pengunjung yang banyak ke blog atau ke website. Walaupun begitu tetap saja, promosi produk langsung di video sangat disukai oleh pihak YouTube sendiri. Gunakan cara-cara halus pada vieo marketing agar tidak dianggap spam oleh moderator.  Caranya dengan memunculkan nama alamat website atau brand perusahaan Anda di akhir video dan pastika ada link terkait ke video.