PemasaranJaringan.com - Strategi Memulai Bisnis Online Maupun Offline - Ketika akan mulai membangun suatu perusahaan atau bisnis, maka memiliki strategi khusus adalah amatlah penting. Dengan begitu Anda akan mengetahui kemana arah bisnis tersebut akan dibawa sesaui harapan. Setidaknya sudah punya ancang-ancang saat menjalankan usaha pada berbagai kondisi, kondisi terburuk, begitupun menggiring arah bisnis kemana sesuai harapan paling baik.

Strategi Memulai Bisnis Online Maupun Offline

Strategi Membuka Usaha
Keinginan memiliki suatu bidang bisnis memang sudah menjadi rahasia umum bahwa kebanyakan orang menginginkannya bahkan detik ini juga kalau bisa. Namun, pada kenyataannya tidak semudah itu diperlukan perencanaan matang dan strategi terbaik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Ulasan kali ini diperuntukan bagi Anda pelaku bisnis baik itu bisnis online ataupun bisnis konvensional, pelaku usaha lama maupun yang tengah malang-melintang di dunia perbisnisan dalam jangka waktu lama. Seperti apa strategi bisnis itu sudah baik untuk dijalankan? Di sini kita tidak membahas soal apa bisnis yang akan dijalankan, saya berasumsi ketika Anda membaca artikel ini berarti sudah memiliki bidang bisnis untuk dan siap dijalankan.

Setidaknya ada 10 Tips Membangun Bisnis Terbaik untuk Anda coba terapkan dalam bisnis:

1. Originalitas Diri Anda
Kebiasaan meniru orang lain itu ternyata sama halnya dengan pembodohan, tentu saja jika tidak dibarengi oleh poin lain setelah ini. Tidak jarang mereka meniru orang lain hanya karena usaha yang dijalankannya menuai kesuksesan besar. Memiliki ide original dari diri Anda akan lebih baik. Jadilah diri sejujurja, asli, tulus dan berkembang sesuai prosesnya.

2. Kreativitas Tanpa Batas
Dalam hubungan sosial sehubungan dengan kebutuhan pemasaran, kreativitas menjadi modal penting. Membuka lahan bisnis pada saat dimana orang lain tidak kepikiran menjalankan ide bisnis itu. Itu akan membuat konsep tersebut semakin diharapkan di pasaran. Tetap berpikir kreatif menyikapi kerasnya persaingan dunia usaha agar tetap bisa memenangkan persaingan.

3. Kritis dalam Berpikir
Berpikirlah kritis ketika menangani suatu usaha yang sedang dijalankan saat ini. Untuk dapat mengatasi persoalan-persoalan dunia bisnis memang diperlukan cara berpikir taktis, kritis tanpa berbelit-belit agar menghasilkan pemecahan masalah secepat mungkin.

4. Pekerja Keras
Bekerja keraslah semaksimal mungkin, sebab proses tidak akan menghianasi hasil. Yang perlu dilakukan adalah tetap mencoba dan sambil belajar dari orang-orang berpengalaman banyak di bidang bisnis sesuai tipe bisnis yang Anda geluti. Hasilnya tidak akan jauh berbeda seperti sejauh mana Anda bekerja keras mendirikan, mengelola bisnis.

5. Pandai Melihat Peluang
Peluang ketika menjalankan sebuah usaha banyak sekali bentuknya.
Bisa saja peluang menambah rekan bisnis, peluang kerjasama, peluang mengelola sebuah proyek besar. Hal itu diperlukan keterampilan untuk mampu melihat peluang seperti apa dan kapan harus diambil. Pertajam cara melakukannya, sering melatiha otak agar tetap mau berpikir menusuk ke jantung pertahanan lawan maupun kawan bisnis.


6. Tetap Fokus Pada Tujuan
Memandang orang sukses bukan dari saat ini ketika mereka sudah memang merasakan nikmatnya, melainkan lihatlah kepada perjuangan mereka membangun pondasi. Sempatkan mengamati bagaimana usaha dibangun,seperti apa mati-matian dalam mendirikan bisnisnya sejak awal. Setiap kesuksesan sudah pasti ada kisah pahit getir di dalamnya untuk dimbil pelajaran. Tetaplah focus pada titik awal berdirinya usaha/bisnis Anda.

7. Mengembangkan Pasar
Strategi yang ini relatif lebih kalem. Karena dengan produk yang selama ini ada, pebisnis akan berupaya untuk mengeksplorasi pasar yang selama ini digarapnya agar bisa lebih maksimal. Strategi ini perlu kejelian dalam melihat pasar.

8. Berpikir Terbuka (Open Mind)
Cobalah berpikir terbuka ketika hendak menggali sesuatu terkait bisnis, Tanpa membatasi dengan siapa harus berteman, dengan siapa harus berdebat. Justru berpikiran terbuka akan membawa pada arah lain dari cara orang lain menyikapi sesuatu. Pandangan (pola piker) itulan nantinya bisa diserap, diambil pelajarannya dalam menjalankan bisnis Anda.

9. Berani Mengambil Resiko
Setiap bidang usaha pasti tetap ada resikonya. Resiko bukan untuk dihindari, karena kalau menghindarinya sama saja tidak mau mendapat keberhasilan dikemudian hari. Ya.. Resiko hanya bisa diminimalisir dengan poin-poin yang sudah dijelaskan di atas. Tidak perlu takut mengambil resiko sejak bisnis baru dibangun bahkan ketika bisnis itu sudah bejalan. Beranilah mengambil resiko!

10. Pola Pikir Menyerang
Strategi bisnis ini biasanya dijalankan untuk memperbesar tingkat penguasaan pasar. Pada strategi ini, biasanya promo besar-besaran menggunakan cara-cara apapun dilakukan bersamaan. Salah satu contohnya seperti menghadirkan program yang menarik bagi konsumen.

Itulah 10 Strategi Membangun Bisnis yang perlu diketahui calon pengusaha, bahkan pengusaha senor. Mohon tambahan jika memang ada kekurangan dari artikel di atas. Strategi bisnis apa saja yang sudah Anda jalankan dan berhasil. Seperti apa pula cara mengembangkan jaringan bisnis agar lebih tahan lama. Jika tidak keberatan silakan berbagi informasinya melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih